Android One (Xiaomi Mi A1), 2 Tahun Kemudian

Android One merupakan program dari Google terkait software Android untuk para OEM (= Original Equipment Manufacturer, para produsen) smartphone. Smartphone dari OEM yang diikutsertakan ke program Android One akan mendapatkan Android versi stock (tanpa modifikasi) dan dukungan update software selama dua tahun. Dengan demikian, harapannya smartphone Anda akan lebih ringan untuk dijalankan dari sisi hardware serta memiliki user interface sederhana khas Google.

Android One awalnya tidak menarik karena smartphone-smartphone yang disematkan Android One umumnya berkelas entry level. Namun, semenjak akhir tahun 2017, program Android One menjadi sangat menarik karena hadirnya Xiaomi Mi A1. Seperti kita ketahui, seri “Mi” dari smartphone Xiaomi termasuk pada kelas flagship. Secara spek, mungkin Mi A1 tidak terlalu mencerminkan flagship karena dengan prosesor yang disematkan hanya Snapdragon 625 yang termasuk menengah. Meskipun demikian, ini mencerminkan bentuk keseriusan Xiaomi yang berani mengangkat kelas Android One dan bahkan menyingkirkan UI kesayangan mereka sendiri yaitu MiUI. Xiaomi bahkan sempat kecolongan di Twitter mengenai mana yang fans mereka lebih sukai antara stock Android atau MiUI. Selain itu, Mi A1 juga disertai dengan fitur high end pada saat itu seperti dual camera dan high-end DAC (digital audio codec).

Sudah hampir genap dua tahun sejak Xiaomi Mi A1 dirilis. Pertanyaannya, apakah Android One sesuai dengan janji Google?

Dari segi software update, nampaknya dukungan dari Google sesuai dengan janjinya. Pada hampir setiap bulannya, terutama pada tahun pertama pemakaian, terdapat software update untuk peningkatan keaman (security patch). Hingga saat ini, patch terakhir yang saya dapat adalah patch tanggal 1 Agustus 2019 sebagaimana gambar dibawah.

Versi pada MiA1 hingga kini (19 Agustus 2019)

Selain itu, terhitung sudah dua kali Mi A1 mendapat major update yaitu Android Oreo (8.0) dan Pie (9.0). Keduanya pun berjalan dengan lancar di Mi A1. Pada versi saat ini, Mi A1 saya masih sangat smooth untuk digunakan.

Melihat update yang secara rutin selalu didapatkan oleh Mi A1, apakah artinya setiap smartphone Android One adalah smartphone yang recommended? Jawaban saya: tergantung

Meskipun Mi A1 mendapat update secara rutin, bukan berarti setiap aspek pada smartphone tersebut bertambah baik pada setiap updatenya. Untuk aspek kamera, misalnya, saya kira tidak ada peningkatan sama sekali semenjak saya membeli Mi A1 dua tahun yang lalu hingga sekarang. Saya tidak tahu apakah ini masalah spesifik untuk Xiaomi atau untuk brand lain. Namun, berhubung Xiaomi punya MiUI, bukan sesuatu yang mengherankan kalau Xiaomi tidak sesemangat itu mengupdate aspek software yang sangat spesifik untuk Mi A1 seperti kualitas kamera.

Singkat cerita, yang “rajin” mengupdate Mi A1 adalah Google dan bukan Xiaomi. Meskipun Android One menggunakan stock Android, terdapat aplikasi bawaan Xiaomi pada Mi A1: Camera, Feedback, Mi Community, dan Mi Remote, dan itu diluar “tanggung jawab” program Android One dari Google.

Kesimpulan dari saya, Android One merupakan program yang bagus. Google benar-benar menepati janjinya untuk terus memberikan update. Bagi orang-orang yang tidak “neko-neko” dengan smartphone mereka – hanya ingin smartphone yang lancar untuk dioperasikan sehari-hari tanpa perlu fitur-fitur ekstra –  serta ingin usia pakai smartphone yang panjang, saya kira Android One merupakan pilihan yang sangat tepat. Saya kira ini cukup terbukti dengan cukup banyaknya fans tersendiri dari lini “A” dari Xiaomi, meskipun dari tahun ke tahun pada harga yang sama, selalu ada smartphone Xiaomi dengan spek yang lebih baik pada harga yang sama.

Perlu diperhatikan juga bagi para enthusiast gadget yang suka mendapatkan seabreg fitur baru pada setiap updatenya, Android One belum tentu memuaskan Anda. Betul bahwa Mi A1 saya mendapatkan Android 8.0 dan 9.0, namun kecepatan mendapat updatenya tidak secepat lini Pixel dari Google. Untuk Android 9.0, misalnya, Pixel 2 saya mendapatkan update pada hari pertama Android 9.0 dirilis di tahun 2018, namun Mi A1 saya baru mendapatkannya pada awal 2019.

Hingga kini, masih banyak smartphone Android One yang beredar di pasaran seperti Xiaomi Mi A3 dan rata-rata smartphone baru dari Nokia. Tidak diketahui pasti apakah Nokia akan ikut mengupdate fitur-fitur pada smartphone yang menjadi tanggung jawab mereka, utamanya dari sisi kamera, pada lini Android One mereka, namun setidaknya Nokia pernah membuktikan hal tersebut di masa lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *