Uji Penangkapan Video Huawei Mate 20

Nasib smartphone Huawei saat ini memang sedang tidak jelas, namun harus kami akui bahwa sejak seri P20 Pro Huawei ‘mendobrak’ pasar smartphone kelas flagship dengan memberikan  fitur-fitur seperti triple camera, kemampuan menangkap foto dalam gelap, plus dibalut dengan desain yang elegan.

Pada bulan Mei 2019 lalu, saya berkesempatan untuk menjajal hasil perekaman video dari kamera salah satu flagship kelas kedua Huawei tahun 2018 yaitu Mate 20 di Port of Nagoya Public Aquarium. Adapun kombinasi lensa yang saya gunakan mencakup lensa wide, ultrawide, dan telephoto. Video hasil perekaman dapat Anda lihat dibawah ini. Lensa ultrawide saya gunakan saat merekam aquarium salmon, sementara telephoto saya gunakan saat merekam beluga (ikan berwarna putih). Pada bagian video lain, saya menggunakan lensa wide.

Berdasarkan pengamatan saya, Huawei Mate 20 memiliki kualitas perekaman video terbaik pada settingan Full HD baik 24 fps maupun 60 fps (dipakai saat scene lumba-lumba, namun dirender dalam 24 fps) dengan lensa wide. Hasil dari lensa telephoto dan ultrawide menurut saya masih cukup oke meskipun gambar sudah mulai pixelated (nampak seperti muncul kotak-kotak). Hasil perekaman resolusi 4K (tidak muncul pada video) menurut saya kurang maksimal karena meskipun resolusi meningkat, sayangnya gambar juga jadi ikut sedikit pixelated sehingga meniadakan fungsi dari 4K.

 

Kualitas warna pada perekaman video dari Huawei Mate 20 cenderung cukup kontras dengan dynamic range (kemampuan untuk menangkap variasi tingkat cahaya pada gambar) yang baik. Untuk video, kualitas warna yang ditangkap lebih saya sukai ketimbang dari Pixel 2 saya.

Stabilisasi pada Huawei Mate 20 berfungsi dengan cukup baik meskipun bukan yang terbaik jika dibandingkan dengan smartphone kelas flagship lainnya. Terdapat sedikit guncangan saat dipakai untuk merekam sambil berjalan dalam kondisi kurang cahaya. Perlu diketahui bahwa stabilisasi tersebut hanya berfungsi saat merekam dalam 30 fps dan mati saat merekam dalam 60 fps serta

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan pengalaman pemakaian dan hasil tangkapan video pada Huawei Mate 20, meskipun rasanya penangkapan lensa ultrawide dan telephoto harusnya bisa lebih stabil dan tidak pixelated. Namun, perlu diingat juga bahwa Mate 20 bukanlah flagship tertinggi dari Huawei pada masanya dimana masih ada Huawei Mate 20 Pro.

Ujicoba stabilisasi dan kualitas berbagai lensa pada perekaman video Huawei Mate 20 dapat dilihat pada video berikut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *