Memindahkan Chat WhatsApp Saat Ganti Smartphone Secara Sempurna

Pada awal tahun 2019 ini, smartphone baru sudah mulai bermunculan baik dari Samsung, Huawei, Xiaomi, maupun merk lainnya. Di sisi lain, smartphone model tahun lalu yang masih oke hingga kini juga sudah mulai didiskon harganya sehingga mungkin Anda terpikir untuk mengganti smartphone Anda.

Namun, mengganti smartphone tidaklah semudah mencabut kartu dari smartphone lama ke smartphone baru. Terdapat proses backup yang mungkin akan cukup menyita waktu Anda. Diantara semua hal yang perlu di-backup, salah satu yang mungkin akan paling menyita waktu adalah mem-backup arsip dari aplikasi chat Anda.

Pada post ini, saya akan mencoba untuk membantu Anda mem-backup semua arsip dari salah satu aplikasi chat paling populer di Indonesia yaitu Whatsapp. Belakangan ini WhatsApp menjadi sangat krusial dalam berbagai hal termasuk pekerjaan. Saya secara pribadi tidak jarang menerima file dokumen pekerjaan lewat WhatsApp dimana artinya WhatsApp sudah mulai bisa menggantikan email. Oleh karena itu, penting bagi para pekerja yang sangat bergantung pada WhatsApp dalam pekerjaannya untuk dapat mem-backup seluruh arsip chat secara sempurna saat hendak mengganti smartphone.

Secara umum, proses yang perlu dilakukan cukup mudah, namun mungkin akan cukup memakan waktu. Sebelum memulai, pastikan Anda mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Smartphone lama dan baru dengan OS yang sama (Android ke Android, iOS ke iOS). Anda tidak bisa memindahkan arsip WhatsApp dari smartphone Android Anda ke smartphone iOS, begitu juga sebaliknya dikarenakan perbedaan media penyimpanan cloud yang disediakan oleh masing-masing OS.
  2. Akun Google (jika Anda menggunakan Android) untuk Google Drive. Dibawah perjanjian baru WhatsApp dengan Google, backup WhatsApp tidak memakan penyimpanan pada Google Drive Anda.
  3. Akun iCloud dengan kapasitas storage cukup (jika Anda menggunakan iOS pada seri Apple iPhone). Jika tidak cukup, Anda terpaksa harus menghapus sebagian chat/foto/video pada WhatsApp Anda sebelum melakukan backup nantinya.
  4. Baik pada smartphone lama maupun baru, nomor telepon yang terdaftar di akun WhatsApp yang akan di-backup harus sama.

Diluar kelengkapan teknis, saya juga menyarankan hal-hal sebagai berikut:

  1. Hubungkan smartphone lama dan baru Anda Anda dengan WiFi, karena file backup bisa jadi sangat besar (ratusan MB hingga GB). Backup juga bisa memakan waktu lebih dari satu jam tergantung dari arsip chat Anda.
  2. Untuk dapat lebih memastikan chat Anda seluruhnya ter-backup, hendaknya backup pada smartphone lama dilakukan di tengah malam sebelum tidur. Jika Anda melakukannya siang hari, bisa jadi seluruh chat yang Anda terima saat proses backup menjadi tidak ter-backup.

Setelah Anda siap dengan semua hal diatas, berikut adalah 7 langkah sederhana yang perlu ditempuh (untuk post ini, saya mencontohkan versi Android, namun versi iOS juga dapat dipraktikkan dengan cara yang serupa):

  1. Install WhatsApp pada smartphone baru.
  2. Pada smartphone lama, tekan tombol tiga titik di kanan atas halaman WhatsApp Anda
  3. Tekan menu Settings -> Chats -> Chat backup. Tentukan pengaturan saat backup, diantaranya adalah apakah Backup dilakukan secara otomatis, hanya dilakukan saat terhubung dengan WiFi, dan apakah backup mencakup video.
  4. Tekan tombol Backup Now. Jika Anda belum menghubungkan akun Google Anda ke Whatsapp, Anda perlu menentukan terlebih dahulu akun Google mana yang akan Anda hubungkan. Tunggu hingga backup benar-benar selesai (tidak ada tampilan loading apapun)
  5. Pada smartphone baru, buka aplikasi WhatsApp, lalu masukkan nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar WhatsApp pada smartphone lama.
  6. Jika Anda melakukan langkah 1 hingga 5 diatas dengan benar, Whatsapp akan mendeteksi bahwa ada file backup yang terhubung dengan nomor WhatsApp Anda. Pastikan tanggal dan jam backup adalah backup terakhir. Jika tanggal dan jam backup terakhir terlampau lama, ada kemungkinan terjadi kegagalan saat backup data Whatsapp pada smartphone lama atau mungkin backup belum selesai.
  7. Whatsapp kemudian akan mengunduh seluruh arsip chat Anda terlebih dahulu kemudian mengunduh foto dan video (kalau Anda memilih untuk mem-backup video) secara bertahap.

Jika Anda menemukan bahwa beberapa arsip chat Anda hanya menunjukkan nomor telepon tanpa nama, permasalahannya kemungkinan besar bukan pada WhatsApp, melainkan mungkin Anda belum mem-backup contact Anda ke smartphone baru.

Demikian tips dari saya dan mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *