Hands On Review: Samsung Galaxy S10 dan S10+

Preorder untuk Samsung seri S10 (S10e, S10, dan S10+) di Indonesia sudah dibuka secara resmi oleh pihak Samsung dalam periode 22 hingga 28 Februari 2019. Smartphone keluaran terbaru dari Samsung ini rencananya dapat diperoleh pada awal bulan Maret 2019 dengan unit demo dengan Galaxy S10 dan S10+ sudah tersedia di toko-toko yang menjual smartphone Samsung.

Pada waktu singkat saya dengan Galaxy S10 di toko retail, feel dari Galaxy S10 cukup mirip dengan S9 pada genggaman tangan, namun secara handling S10 terasa lebih mudah. Hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi desain smartphone Samsung yang melengkung di bagian belakang dan adanya UI baru dari Samsung yaitu One UI yang memudahkan pengoperasian smartphone besar dengan satu tangan.

Begitu juga dengan Galaxy S10+: tentunya pengoperasian S10+ lebih sulit dibandingkan dengan S10, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Samsung menurut saya sudah cukup berhasil membuat smartphone besar menjadi sangat manageable berkat kombinasi.

Hal lain yang sempat saya coba adalah kamera belakang dari Galaxy S10. Galaxy S10 memiliki tiga unit kamera belakang yaitu wide, ultra wide, dan telephoto. Dari hasil pengambilan gambar saya secara singkat (mode HDR ‘menyala jika memungkinkan’, rasio 16:9), hasil tangkapan kamera S10 sekilas terlihat ‘Samsung banget’ dengan gambar yang cukup detail dan cenderung untuk menaikkan exposure dari foto sehingga foto terlihat terang (catatan: untuk post ini, foto dicompress agar ringan untuk di load, sehingga tidak mencerminkan kualitas sebenarnya). Review lebih mendetail masih diperlukan untuk dapat menilai kualitas kamera Samsung Galaxy S10 lebih lengkap, namun untuk impresi awal, Galaxy S10 nampak cukup menjanjikan. Begitu juga untuk departemen video yang secara impresi awal nampak memiliki kualitas tinggi sebagaimana Samsung pada umumnya dan tidak begitu banyak blur saat terguncang saat berjalan.

Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10+

Sisi belakang Samsung Galaxy S10

Contoh hasil tangkapan kamera ultra wide Samsung Galaxy S10 (terkompresi)

Contoh hasil tangkapan kamera wide Samsung Galaxy S10 (terkompresi)

Contoh hasil tangkapan kamera telephoto Samsung Galaxy S10 (terkompresi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *