Samsung Galaxy S10e Nampak Menjanjikan

Pada event Galaxy Unpacked tanggal 20 Februari 2019 (waktu Amerika Serikat), Samsung meluncurkan 5 smartphone terbaru dari mereka yaitu Galaxy Fold, Galaxy S10 5G, Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e. Dua smartphone pertama tidak dapat dibeli dalam waktu dekat dan nampaknya tidak ideal juga untuk dipakai saat ini – keduanya adalah barang generasi pertama dimana selain mahal, kemungkinan besar akan banyak kekurangannya – sehingga hanya Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e yang paling dekat kepada konsumen saat ini.

Samsung Galaxy S10+ (Sumber: Samsung)

Seri Galaxy S10 secara umum nampak menyempurnakan teknologi dari dua seri A sebelumnya: Triple Camera dari A7 dan Infinity-O dari A8s. Kedua fitur tersebut merupakan salah satu fitur andalan dari Galaxy S10, plus fitur seperti HDR10 recording, Power Share (reverse wireless charging, Anda dapat mengisi daya smartphone lain yang mendukung wireless charging dengan S10), dan Wifi 6.

Yang tidak biasa dari Samsung kali ini adalah hadirnya S10e yang diposisikan sebagai model yang lebih ekonomis dari S10 dan S10+, sebagaimana iPhone XR terhadap XS dan XS Max. Untuk menekan harga Galaxy S10e, tentunya terdapat hal-hal yang dipangkas jika dibandingkan dengan S10 dan S10+. Lantas, apakah kekurangan-kekurangan tersebut membuat S10e menjadi tidak worth it? Menurut saya, nampaknya tidak demikian.

Fitur pertama yang dipangkas adalah ukuran baterai. Hal ini tentunya tidak dapat terelakkan dikarenakan ruang untuk baterai yang lebih kecil akibat layar S10e yang “hanya” 5.8 inci. Walaupun konsumsi daya pasti lebih kecil akibat layar yang lebih kecil, saya cukup yakin besarnya baterai model S10 dan S10+ akan membuat S10 dan S10+ lebih awet dibandingkan S10e meskipun konsumsi daya akibat layar lebih tinggi.

Samsung Galaxy S10e (Sumber: Samsung)

Hal berikutnya yang dikurangi adalah kamera belakang dimana pada S10e tidak ada kamera telephoto. Saya pribadi mensyukuri bahwa yang hilang adalah telephoto dan bukan ultrawide. Berdasarkan pengalaman saya, ultrawide jauh lebih berguna karena dapat membantu foto di ruang yang sempit. Sementara itu, telephoto seringkali lebih bermasalah. Samsung sudah benar dengan memberikan kualitas sensor untuk lensa telephoto sama baiknya dengan lensa wide, tidak seperti pada kebanyakan smartphone lainnya. Namun, lensa telephoto cenderung lebih sensitif terhadap pergerakan-pergerakan kecil pada tangan kita saat mengambil gambar. Hal ini dapat menyebabkan hasil foto yang blur kecuali Samsung punya trik pada bagian hardware atau software yang mampu menstabilkan hasil tangkapan kamera telephoto.

S10e juga tidak memiliki on-display ultrasonic fingerprint sensor (nama yang panjang…) seperti pada S10 dan S10+. Sebagai gantinya, S10e memiliki sensor sidik jari di sisi kanan seperti model Xperia terdahulu. Meskipun terlihat lebih futuristik, on-display fingerprint sensor memiliki penerapan yang bisa dibilang belum sempurna pada beberapa smartphone sebelumnya seperti pada Vivo V11 Pro dan OnePlus 6T. Samsung nampak ingin menyempurnakan fiturini dengan menambahkan teknologi ultrasonik, namun kita masih perlu melihat opini para pengguna terhadap keandalan fitur ini saat S10 dan S10+ sudah sampai pada konsumen.

Fitur terakhir yang tidak ada di S10e adalah ujung layar yang melengkung. Lengkungan layar memang membuat smartphone (secara subjektif) nampak lebih elegan, namun tentunya hal itu bukan sesuatu yang esensial dan bahkan ada yang bilang bahwa lengkungan tersebut mengganggu saat sedang menonton video di smartphone.

Dengan harga yang $150 lebih murah dari S10 standar, S10e nampak cocok bagi Anda yang menginginkan flagship Samsung dengan harga yang tidak kelewat mahal. Saat ini tidak diketahui pasti apakah ada fitur lain yang dipangkas pada sisi software pada sisi S10e – saya menyarankan Anda untuk menunggu review dari media dan para reviewer independen untuk ini – namun jika dari speknya saja, S10e nampak seperti flagship yang menjanjikan untuk tahun 2019 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *