Menjadi Admin Instagram Lewat Desktop: Post Foto dan Direct Message

Posting di Instagram tentu bukanlah hal yang sulit: Anda tinggal membuka aplikasi, menekan tombol di tengah bawah, mencari gambar atau mengambil foto baru, lalu diberikan caption sebelum akhirnya di-post. Saya kira siapapun dapat melakukannya.

Namun, beda ceritanya kalau Instagram adalah bagian dari pekerjaan kita. Mungkin Anda akan merasa kurang nyaman jika harus mem-post puluhan atau bahkan ratusan post dalam satu hari untuk menjaga akun Instagram yang Anda kelola selalu up-to-date. Atau mungkin edit komentar sekian banyak post karena ada perubahan status (misal: barang dagangan yang semula ‘ready stock’ menjadi ‘habis’). Bayangkan melakukan semua dengan keterbatasan ukuran layar smartphone Anda.

Saat ini, Instagram sebenarnya sudah dapat diakses melalui browser pada Windows: cukup buka web www.instagram.com, lalu Anda dapat mengakses Instagram Anda. Sayangnya, Instagram untuk Web memiliki keterbatasan yaitu kita tidak dapat mengirim foto, membaca Direct Message, dan mengakses Stories. Ketiga fitur ini merupakan fitur penting untuk seorang admin Instagram.

Untungnya, ada solusi agar Anda dapat mengakses ketiga fitur yang saya sebutkan terakhir melalui laptop. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan hal-hal sebagai berikut:

1. OS Windows 10
2. Laptop dengan Touchscreen

Sebenarnya, aplikasi Instagram untuk Windows 10 dapat dioperasikan dengan laptop tanpa touchscreen, namun dengan pengalaman saya terakhir menggunakannya di desktop, ada banyak hal yang jadi tidak dapat saya lakukan seperti swiping gambar untuk suatu post dengan beberapa gambar (saya tidak bisa mengganti gambar dengan melakukan klik atau klik-drag pada gambar). Jadi, untuk menjamin seluruh fitur Instagram berfungsi, saya menyarankan Anda memakai laptop dengan touchscreen.

Tidak ada tombol untuk melihat gambar berikutnya seperti pada Instagram untuk browser.

Perlu diperhatikan juga bahwa Instagram untuk Windows 10 nampak diadaptasi dari iOS dan Instagram tidak secara aktif melakukan development untuk versi Windows 10, meskipun aplikasinya tersedia secara resmi pada Microsoft Store. Oleh karena itu, barangkali Anda akan sering menemukan bug atau crash.

Menginstall Instagram

Untuk menginstall Instagram, Anda perlu masuk ke Microsoft Store. Untuk lebih mudahnya, Anda tinggal klik tombol Windows di keyboard Anda, ketik Microsoft Store, lalu klik enter. Setelah Anda masuk, klik tombol Search di kanan Atas, lalu ketik Instagram. Pilihlah aplikasi Instagram dan lakukan instalasi.

Aplikasi Instagram di Microsoft Store.

Setelah Instagram terinstalasi, lakukan login sebagaimana Anda login Instagram dengan smartphone, lalu Anda pun sudah bisa menggunakan Instagram untuk Windows 10. Anda dapat melakukan seluruh hal pada Instagram untuk Android maupun iOS dengan cara seperti pada masing-masing platform tersebut (versi Windows 10 lebih mirip dengan versi iOS), kecuali untuk tiga hal ini: post foto, Direct Message, dan stories. Cara mengoperasikan ketiga hal ini sedikit berbeda dengan versi Android/iOS. Bagaimana caranya? Ini dia:

Post Foto

Sumber untuk post foto, sebagaimana Anda telah ketahui, ada dua yaitu dari kamera langsung dan dari arsip foto. Anda tentu tidak mau menggunakan webcam pada laptop Anda sebagai sumber foto, sehingga Anda mestinya hanya ingin menggunakan foto dari arsip Anda.

Agar arsip gambar Anda dapat dideteksi oleh Instagram, copy foto yang hendak Anda upload ke folder Camera Roll folder Pictures Anda. Setelah itu, Anda pun bisa bebas memilih foto yang Anda inginkan di Instagram.

Catatan: Anda juga bisa upload foto diluar folder Camera Roll, selama masih pada folder Pictures, namun tampilan awal saat Anda membuka halaman Post sudah pasti menunjukkan foto dari Camera Roll.

Jika Anda hendak menunjukkan lokasi dari foto, pertama-tama Anda harus masuk ke Settings dari Windows 10 dengan klik Start Menu, masuk ke settings (gambar roda gigi), Privacy, App Permissions, lalu pastikan Location Service menyala dan Instagram masuk ke daftar aplikasi yang dapat menggunakan informasi lokasi Anda.

Post foto dapat dilakukan pada Instagram untuk Windows 10.

Folder Camera Roll pada folder Pictures.

Pengaturan location untuk Instagram pada Settings.

Direct Message

Jika Anda menjadi Admin, fitur Direct Message mungkin merupakan fitur yang sangat berguna untuk mereply seluruh Direct Message jika Anda kebanjiran Direct Message. Fitur ini sebenarnya dapat dioperasikan dengan cara yang sama dengan Direct Message pada Android/iOS, namun, karena ini di desktop, Anda dapat dengan cepat copy-paste link jika dibutuhkan, serta memberikan ‘enter’ pada pesan Anda.

Direct Message pada Instagram untuk Windows 10.

Stories

Secara teknis, sebenarnya Anda dapat post stories pada Instagram untuk Windows 10. Anda dapat posting stories dari kamera Anda (dimana sebenarnya pasti Anda tidak mau), namun sayangnya entah mengapa aplikasi akan crash jika Anda posting stories dari arsip Anda (dibawah camera roll).

Stories untuk Windows 10. Setelah gambar dipilih, aplikasi akan crash.

Dengan segala keterbatasan pada aplikasi Instagram untuk Windows 10, mudah-mudahan tutorial ini dapat membuat pekerjaan nge-admin Anda akan lebih ringan. Jika ada yang salah dari artikel saya ini, atau mungkin ada update yang perlu saya ketahui, silakan berikan komentar Anda dan saya akan update artikel ini sesuai dengan perkembangan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *