Cara Mudah Cek Saldo e-Money dengan Smartphone

Catatan: Post ini tidak disponsori oleh pihak manapun

e-money (dari Bank Mandiri) merupakan salah satu bentuk uang elektronik yang paling umum dipakai oleh masyarakat di kota-kota besar, mulai dari untuk membayar tarif tol, menggunakan Trans Jakarta, hingga naik KRL. Belakangan ini, penggunaan e-money bahkan sudah mulai ‘dipaksakan’ ke masyarakat dengan kewajiban penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tarif tol.

Penggunaan e-money memang cukup praktis untuk penggunaan-penggunaan diatas karena pembayaran relatif menjadi lebih cepat. Namun, terkadang hal ini malah menjadi masalah ketika Anda tidak yakin berapa saldo e-money Anda. Jika Anda kekurangan saldo e-money di gerbang tol, yang kerap terjadi adalah Anda akan turun dari mobil untuk meminta e-money atau semacamnya dari mobil belakang Anda dan menukarnya dengan uang fisik. Tentunya hal ini akan membuat kemacetan.

Hal seperti ini tentunya tidak akan terjadi jika Anda cek saldo e-money Anda sebelum berangkat. Tentu Anda dapat cek saldo e-money Anda via ATM atau aplikasi mobile banking. Untungnya, jika Anda memiliki smartphone yang mumpuni, sebetulnya ada cara yang sangat mudah untuk cek saldo e-money. Anda hanya membutuhkan:

  1. Kartu e-money
  2. Smartphone Android dengan fitur NFC (Near Field Communication).
  3. Aplikasi Mandiri e-money

Hingga kini, saya masih belum mengetahui apakah iPhone dapat menggunakan fitur NFC untuk fitur selain Apple Pay. Mudah-mudahan, dengan adanya update iOS 11 yang membuka fitur NFC diluar Apple Pay, aplikasi Mandiri e-money dapat segera hadir di App Store.

Untuk cek saldo e-money Anda, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan fitur NFC di smartphone Anda
  2. Masuk aplikasi Mandiri e-money Info
  3. Letakkan kartu e-money Anda di titik tempat chip NFC pada smartphone Anda ditanam. Umumnya, lokasi chip NFC pada smartphone terletak di bagian belakang-tengah.
  4. Anda lalu akan mendapatkan informasi saldo e-money Anda.

emoney

Perlu diperhatikan bahwa fitur suara pada aplikasi ini adalah ON secara default, sehingga bagi Anda yang tidak mau ketahuan sedang kere di tempat umum sebagaimana saya diatas, pastikan Anda mematikan fitur suara terlebih dahulu.

Demikian informasi dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

4 Comments on “Cara Mudah Cek Saldo e-Money dengan Smartphone”

  1. Nah.. yang jadi masalah ga semua hp ber nfc gan.

    Ada ga ya alat semacam nfc portable yang kalau dicolop atau ditempel ke hp non nfc, bisa jadi ber nfc dan membaca saldo emoney.

    Hape babe ane udah cukup bagus (A6+) aja ga ada nfc. 😱😱😱😱

    Jadi andai ada alat untuk ngakalin biar ga perlu beli lagi hp yang ber nfc (secara fungsi hp lama masih sangat prima), saya mau tau, alat itu namanya dan mereknya apa.

    Kasih tau kalau ada y gan! Makasiii 😄👍

    1. Dari sepengetahuan Admin, sepertinya belum ada semacam NFC portable untuk smartphone gan. Kalau di youtube ada beberapa tutorial untuk instalasi NFC, tapi Admin sendiri belum pernah coba dan tahapannya sedikit rumit, jelas bukan buat level konsumen secara umum hehe.
      Barangkali bisa coba smartphone ber-NFC yang murah gan. Tahun 2016-2017, banyak smartphone entry level ber-NFC di harga 2 jutaan (sekarang mestinya sudah drop ke 1 juta an), tapi entah kenapa smartphone NFC murah jadi langka di tahun 2018. Mudah-mudahan bisa membantu 🙂

      1. Sudah ane target gan. Ada gan samsung yg 2 jutaan ber nfc. garansi sein resmi. walau seri jadul tp ada nfc! gila.. samsung yang baru2 malah 4 juta up (minimal c9, dan a7 ke atas) baru ada nfc.

        mudah2an pas nanti ada uang hp2 itu masih eksis bs ane beli bbrp buat dijual lagi. ngahahahahah 😂😂😂

        secara klo di blog lain, ada yg bilang samsung j3 pro udah ber nfc. Aww.. itu boooong.. itu samsung rakitan. samsung yg ori ga ada 😤😤 ada jg yg bilang a6 dan a6+ udah ber nfc. wallaaahhh itu hoax.. ga ada yaaa aslinyaa (ini yg sy bahas yg keluaran samsung resmi di Indonesia) 😩😩

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *